logo blog
Selamat Datang Di Blog Konveksi - Sablon Jogja
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Konveksi - Sablon Jogja,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Inilah Perkembangan dan Prospek Industri Sablon di Indonesia

Inilah Perkembangan dan Prospek Industri Sablon di Indonesia
Inilah Perkembangan dan Prospek Industri Sablon di Indonesia

Inilah Perkembangan dan Prospek Industri Sablon di Indonesia --

Berdasarkan berbagai penelitian, teknik sablon pertama kali ditemukan pada masa kepemimpinan Dinasti Song di daratan China. Lalu diadopsi oleh Jepang, sekitar tahun 1654. Kala itu kaisar yang berkuasa melarang pembuatan baju adat kimono menggunakan tangan, sebab harganya sangat mahal dan tak bisa dijangkau semua kalangan masyarakat, sehingga diterapkanlah teknik sablon manual yang lebih murah untuk kalangan menengah ke bawah.

Sementara untuk Eropa dan Asia, teknik ini baru merapat pada tahun 1700 an. Dan hak paten dari sablon ini didapatkan oleh Samuel Simmon warga negara Inggris pada tahun 1907.

      ·         Sablon Kaos di Indonesia

Dimulai dengan teknik sablon kaos cetak saring yang sangat fenomenal, setelah diperkenalkan oleh Andy Warhol, tahun 1962 melalui cetak layar dengan membuat foto Marlyn Monroe dengan berbagai corak warna cerah.  kemudian dipertegas dengan para pengusaha Amerika yang mengembangkan teknik sablon cetak dengan peralatan semakin canggih.

Lalu para pengusaha Indonesiapun menggunakan teknik sablon untuk merambah pada dunia usaha sablon spanduk dan sebagainya.

Seiring perkembangan teknologi, teknik sablon juga berkembang. Dari awal tahun 2000, teknik sablon tidak lagi menggunakan cetak saring, namun merambah ke teknologi komputerisasi dengan munculnya komputer, printer dan mesin digital yang menunjang hasil sablon yang lebih berkualitas dan bisa mencetak banyak produk dalam waktu singkat.

Seperti mesin direct to garment, lalu alat sablon dengan media kertas transfer, dan modifikasi sistem sablon manual yang diaplikasikan melalui sistem komputerisasi. Hal ini memungkinkan hasil yang lebih maksimal dari teknik manual. Dengan perkembangan tersebut jugalah membuat usaha sablon kaos semakin menjamur  terutama kaos distro.

·         Prospek Usaha Sablon Kaos

Jika kita membahas tentang prospek usaha dari industri sablon kaos, ini merupakan peluang yang menjanjikan. Hal itu dikarenakan permintaan akan produk sablon yang terus meningkat tiap tahunnya.

Tetapi sebelum terjun di dunia insdustri sablon, kita harus melihat dulu potensi pasar di daerah yang akan dituju. Meskipun setiap daerah pasti membutuhkan usaha sablon ini. Terlebih perkantoran yang sering menerapkan penggunaan seragamnya untuk waktu-waktu tertentu.

Perkembangan industri sablon kaos akan semakin dahsyat dari waktu ke waktu, selama manusia masih membutuhkan produk sablon. Karena saat ini bukan hanya kaos yang menjadi produknya, semua media yang digambar bisa dijadikan sebagai produk sablon.

Itulah informasi tentang Inilah Perkembangan dan Prospek Industri Sablon di Indonesia. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan bagi pembacanya dan juga bisa menjadi referensi untuk memilih usaha dengan prospek kedepan yang cukup bagus.

Jangan lupa kunjungi Konveksi Jogja Murah untuk informasi selengkapnya tentang jasa bikinjaket sweater satuan murah, jasa bikin kemeja bordir murah, dll. Sampai jumpa di artikel berikutnya!


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2019. Konveksi Jogja Murah - All Rights Reserved | Template by Kompi Ajaib Powered by Sablon Jogja ID. Developed by Maboor Media - Digital Marketing Agency