logo blog
Selamat Datang Di Blog Konveksi - Sablon Jogja
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Konveksi - Sablon Jogja,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Kelebihan dan Kekurangan Katun Bambu (Cotton Bamboo)

Kelebihan dan Kekurangan Katun Bambu (Cotton Bamboo)
Kelebihan dan Kekurangan Katun Bambu (Cotton Bamboo)

Kelebihan dan Kekurangan Katun Bambu (Cotton Bamboo)
Sudah pernah mendengar yang namanya katun bambu? Katun bambu merupakan salah satu jenis bahan kain. Biasanya kalau kita mau beli kaos, misalnya Sablon Custom, seringnya kita akan menggunakan bahan yang namanya cotton combed.

Nah, memang katun bambu ini masih belum terlalu ramai di pasaran, jadi masih jarang ada yang menggunakan. Tapi sebenarnya bahan ini cukup bagus loh, bahkan memiliki berbagai kelebihan dibanding dengan cotton combed sendiri.

Tapi sebenarnya apa sih katun bambu itu?

Katun bambu atau Cotton Bamboo merupakan bahan kain yang terbuat dari campuran katun dan bambu. Proses pembuatannya menggunakan teknologi tinggi dan tanpa menambah bahan kimia lain sehingga manfaat dari serat bambunya tidak hilang.

Ada banyak manfaat dan kelebihan yang dimiliki katun bambu dibanding cotton combed maupun yang lain. Tapi tentu saja, setiap kelebihan memiliki kekurangan. Jadi, sebelum kamu memutuskan ingin menggunakan bahan katun bambu atau katun combed, coba simak Kelebihan dan Kekurangan Katun Bambu berikut ini.

Beberapa kelebihan katun bambu:
  • Anti bakteri
Zat aktif yang berasal dari serat bambu merupakan zat alami anti bakteri. Zat tersebut dapat membasmi 95% bakteri dalam 24 jam, sehingga lebih tidak mudah bau.
  • Daya serap tinggi
Katun bambu memiliki daya serap yang lebih tinggi berkat serat bambu yang ada di dalamnya. Serat bambu memiliki daya kapilaritas yang tinggi, sehingga mampu menyerap dan menguapkan air. Keringatmu akan lebih cepat kering kalau memakai kaos dari bahan katun bambu.
  • Anti UV
Dibanding dengan jenis kain lain, katun bambu memiliki daya tahan terhadap sinar ultraviolet lebih tinggi, mencapai 417 kali lipat. Efek buruk dari sinar UV akan tertangkal dengan lebih baik oleh katun bambu.
  • Lembut
Katun bambu lebih terasa lembut daripada jenis cotton combed. Selain itu katun bambu memiliki pori yang cukup lebar sehingga menjagamu tetap dingin di saat cuaca panas, namun cukup tebal sehingga kamu tetap hangat saat cuaca dingin.
  • Mudah terurai
Kain katun bambu merupakan kain yang lebih ramah lingkungan, karena tidak mencampurkan bahan-bahan kimia lain. Bahan-bahan yang digunakan dapat terurai dengan lebih cepat sehingga lebih ramah lingkungan.
 
Itulah beberapa kelebihan kain katun bambu. Tapi dengan banyaknya kelebihan yang dia miliki, kenapa jenis kain ini tidak banyak di pasaran? Kenapa banyak konveksi dan lainnya masih lebih memilih cotton combed dibanding cotton bamboo?
Hal ini karena ada beberapa kekurangan dari katun bambu. Beberapa di antaranya:
  • Harga lebih mahal
Proses produksi katun bambu menggunakan teknologi yang tinggi, yang tentu saja dari segi bisnis memerlukan biaya modal dan perawatan alat yang besar. Karena itu harga kain katun bambu lebih mahal daripada bahan cotton combed.
  • Ketebalan kurang
Ada perbedaan ketebalan antara katun bambu dan cotton combed. Misalnya, dengan menggunakan benang 30s, kain katun bambu terasa lebih tipis dibanding dengan katun combed. Selain itu pilihan ketebalannya juga masih sedikit.
  • Pilihan warna minim
Sampai saat ini pilihan warna untuk kain katun bambu masih seidikit. Dibandingkan dengan katun combed, pilihan warna katun bambu masih terlampau jauh. Sehingga susah buat kita kalau ingin membuat kaos bahan katun bambu, tapi warna yang kita mau tidak ada.

Sebenarnya dari segi kualitas, katun bambu bisa dianggap lebih baik dibanding katun combed. Tapi karena beberapa hal di atas, perusahaan konveksi cenderung lebih memilih jenis kain katun combed, karena tentu saja dari segi bisnis lebih menguntungkan (harga lebih murah dan pilihan warna yang banyak tentu lebih mendatangkan calon pembeli).

Nah, buat kamu yang ingin merasakan memakai kaos yang nyaman, lembut, dan gak gampang bau, kamu bisa coba kaos yang terbuat dari katun bambu. Tapi kalau menurutmu warna yang utama, dan juga mempertimbangkan dengan harga, maka kamu bisa menggunakan bahan kaos cotton combed.

Kedua bahan itu juga tersedia di Sablon Jogja ID. Langsung saja kontak kami atau datang langsung ke tempat buat order custom clothing kamu.

Kalau kamu ingin tahu lebih banyak mengenai bahan kain katun, kamu bisa baca artikel mengenai Cara Membedakan Kain Cotton Combed dan Cotton Carded.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2019. Konveksi Jogja Murah - All Rights Reserved | Template by Kompi Ajaib Powered by Sablon Jogja ID. Developed by Maboor Media - Digital Marketing Agency