logo blog
Selamat Datang Di Blog Cetak DTG Jogja
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Cetak DTG Jogja,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Pengenalan 5 Jenis-jenis Sablon Digital

Pengenalan 5 Jenis-jenis Sablon Digital
Hasil Sablon Digital DTG

Pengenalan 5 Jenis-jenis Sablon Digital -
Ada 5 jenis-jenis sablon digital yang sudah dikenal oleh masyarakat umum, yaitu: sablon digital transfer paper, sablon digital sublimation, sablon digital duracotton, sablon digital ecosolvent, dan sablon digital DTG. Dalam hal efisiensi kecepatan produksi, sablon digital tersebut dipandang lebih cepat dibandingkan dengan sablon manual. Terlebih lagi untuk skala usaha atau industri.


1.    Sablon digital transfer paper
Dalam teknik ini dipakai kertas khusus sebagai media untuk mentransfer gambar atau desain ke permukaan kaos. Dalam hal ini dipakai 2 jenis kertas yaitu untuk kain warna terang (light fabric) dan untuk kain warna gelap (dark fabric).

2.    Sablon digital sublimation
Hampir tak ada bedanya dengan sablon transfer paper. Perbedaan yang terlihat pada pemakaian tinta khusus sublime. Dalam proses pencetakan desain dipakai printer inkjet (Epson), lalu dipress dengan hotpress bertemperatur 200-250 derajat Celcius.

3.    Sablon digital duracotton
Pemakaian jenis tinta sama dengan pada sablon digital sublimation, hanya saja pada teknik sablon ini bisa diterapkan pada kaos berbahan katun. Dalam prosesnya, pencetakan desain pada kertas khusus duracotton, selanjutnya ditransfer pada kaos dengan hotpress bertemperatur 200 derajat Celcius.

4.    Sablon digital ecosolvent
Salah satu jenis-jenis sablon digital yang banyak disukai oleh pelaku usaha percetakan karena kualitas hasilnya bagus dan banyak disukai oleh konsumen. Dalam mencetak desain memakai tinta khusus yang disebut ecosolvent. Tinta ini dipakai untuk mencetak desain dari wide format printer, selanjutnya di-print kek kertas khusus, lalu dipotong dengan plotter menurut pola dasar desain, lalu tinggal di-press dengan temperatur 200 derajat Celcius.

5.    Sablon digital DTG (Direct to Garment)
Dalam teknik jenis sablon digital ini di-print langsung ke kain kaos. Teknik sablon ini membutuhkan mesin printer khusus untuk garment. Kami Cetakdtgjogja.blogspot.com biasanya memakai print ini untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Seperti juga halnya teknis sablon lainnya, dipakai tinta khusus yang mampu meresap ke dalam kain dan tak mudah luntur.

Kelima jenis-jenis sablon digital tersebut cocok diaplikasikan bagi para pelaku usaha sablon baik berskala kecil maupun besar. Kualitas yang dihasilkan juga sangat baik sehingga menarik banyak.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Konveksi Jogja Murah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Sablon Jogja ID